Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

ancurnya sapi indonesia

bibit ternak sapi unggulan Indonesia

erlangga On January - 1 - 2010
Potensi plasma nutfah Indonesia memang sangat berlimpah. Sebagai contoh, di Indonesia banyak sekali terdapat bibit-bibit ternak unggulan seperti Sapi bali, Sapi Sumba Ongol, sapi Madura, Sapi Aceh, serta sapi dari pesisir selatan. Sangat disayangkan sapi-sapi unggul tersebut tidak dikembangbiakkan sebagaimana mestinya. Akibatnya ukuran tubuh dari sapi-sapi ini semakin mengecil.
Bibit ternak sapi lokal secara genetik mempunyai potensi produksi yang bagus bahkan dalam kondisi lingkungan yang minimal, meskipun dari segi bobot tubuh memang sapi lokal hanya sekitar 80 persen dari sapi impor.
Tanpa kita sadari, bibit unggul ternak lokal Indonesia disinyalir sudah dikembangbiakkan oleh beberapa negara asing, di antaranya adalah sapi Bali yang dikembangkan oleh Malaysia di Negara Bagian Sabah. Menurut dugaan banyak ahli , bibit ternak sapi tersebut akan dikawinkan dengan jenis lain, kemudian hasil ‘cross breed’ atau silangan itu yang mereka klaim sebagai bibit ternak unggul mereka
Selain Malaysia, Australia juga disinyalir mulai mengembangbiakkan bibit sapi Sumba Ongol. Bibit-bibit ternak unggul yang merupakan kekayaan sumberdaya genetik asli Indonesia tersebut diduga bisa sampai ke tangan pengusaha Malaysia dan Australia melalui pebisnis lokal. Sesungguhnya , sesuai dengan aturan yang berlaku, daerah atau swasta dilarang mengekspor bibit ternak lokal. Akan tetapi pada prakteknya sulit sekali untuk melakukan kontrol atas peraturan ini.
Bagaimana upaya pencegahan yang dapat dilakukan untuk mencegah praktek-praktek seperti ini ?. Menurut Dekan Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor (IPB), Dr Ir Luki Abdullah, MSc, ada beberapa upaya yang dapat dilakukan yaitu :
  • Pemerintah segera melakukan investigasi dengan mengirimkan tim ahli ke negara-negara tersebut, untuk membuktikan kebenarannya.
  • Pemerintah juga harus segera melakukan promosi bibit ternak lokal unggulan, sebelum negara lain mengklaim jenis tersebut sebagai kekayaan asli mereka.
  • Pemerintah harus segera memulai proyek “National breed”, membantu pemerintah daerah untuk mengembangkan bibit lokal, melokalisasi dan mengelolanya dengan maksimal agar bibit-bibit unggul tersebut bisa berkembang menjadi bibit ternak unggul nasional, serta memantau distribusinya.
  • Pemerintah harus lebih fokus pada pemanfaatan bibit lokal yang bisa dijamin keberlanjutan populasinya.
  • Meningkatkan kemampuan akses peternak untuk memperoleh Kredit Usaha Pembibitan Sapi (KUPS). Dengan bunga lima persen, kredit ini akan sangat membantu untuk mengembangkan bibit unggul sapi lokal.
Semoga kita tidak lagi “kecolongan”, seperti pada kasus pencurian aset-aset  nasional lainnya…….
Sumber :

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar